Sifat & Karakteristik Baterai Lithium

Sifat & Karakteristik Baterai Lithium

Sifat & Karakteristik dari baterai lithium ini biasa digunakan pada PDA, HP, Notebook, Netbook, laptop dsb. ini memiliki karakteristik sbb:

* Jika body casing luar dar baterai lithium ini dibuka, maka didalamnya terdapat beberapa buah baterai kecil yang disebut "CELL", semakin banyak cell-cell ini maka daya tahan dari baterai tersebut akan lebih lama. Contohnya pada saat ini jumlah cell notebook ada yang 4, 6, 8 cell.
* Jumlah cell yang terdapat pada baterai tersebut akan mempengaruhi berat daripada baterai itu sendiri sehingga akan mempengaruhi pada berat dari suatu barang yang menggunakan baterai tersebut secara keseluruhan. Inilah yang menjelaskan berat dari suatu barang yang ringan karena menggunakan cell dalam jumlah sedikit dari baterai tersebut.
* Baterai lithium tidak adanya "Memory Effect" yaitu suatu kondisi dimana jika baterai ini tidak dicharge sampai full maka kemampuan dari baterai itu akan berkurang. Dalam hal ini tidak berlaku pada baterai lithium ini.
* Jika baterai lithium ini dicharge dalam kondisi full serta disimpan pada suhu ± 25ยบ C, maka kemampuan atau umur dari baterai ini akan mengalami pengurangan hingga 20% nya dalam jangka waktu setahun. Hal ini dalam kondisi pemakaian normal.
* Pada saat baterai tidak akan digunakan dalam jangka waktu beberapa lama maka charge lah sebanyak ± 40% nya jadi jangan sampai full, bila keadaan full untuk penyimpanan jangka waktu lama maka kondisi baterai akan membuat banyak kehilangan daya tahannya disamping itu kalau kita membeli baterai yang baru beli kenapa baterai baru tersebut tidak dalam keadaan penuh, itulah penjelasannya.
* Baterai lithium ini juga akan berkurang kemampuannya bila suhu sekitar baterai semakin panas. Hal ini didapat pada laptop-laptop yang menggunakan celeron M dimana daya tahan dari baterai laptop tersebut semakin berkurang. Karena Celeron M tidak memiliki fitur SpeedStep Technology seperti yang terdapat pada Pentium M maupun pada Core Duo atau diatasnya, sehingga clock speed tidak bisa diturunkan yang membuat laptop atau notebook tersebut semakin ekstrim suhu panasnya.
* Tingkat Teknologi kimia dari lithium ini sebenarnya aman asal digunakan secara wajar dan sesuai petunjuk, akan tetapi baterai tipe ini setiap saat bisa juga meledak & terbakar pada kondisi panas yang ekstrim dan berlebihan. Itulah sebabnya mengapa akhir-akhir ini ada beberapa merk laptop atau notebook yang meledak atau terbakar. Jadi sebaiknya jangan meletakkan laptop pada mobil yang terparkir udara terbuka di siang hari teriknya matahari.
* Hal ini berbeda dengan tipe baterai charge lainnya seperti Ni-cd tapi lithium ini bisa di charge berulang-ulang tanpa kehilangan kualitasnya. Sebaiknya bila baterai lithium ini tidak akan dipergunakan dalam jangka waktu beberapa lama charge lah hingga mencapai ± 40% nya agar umur baterai tersebut tidak terlalu cepat berkurang.

Selamat menyimak ..., semoga ada manfaatnya

Ikuti terus tips-tips bermanfaat lainnya hanya di tokobirulaut.blogspot.com

Filed Under:

About the Author

Nama saya Rudi blog ini dibuat untuk mempermudah belanjaan Anda sehingga dapat menghemat waktu Anda untuk kegiatan lainnya, untuk informasinya silahkan langsung saja, ke Toko Biru Laut.

Leave a Reply

Mengenai Saya

Foto saya
Sedia aneka ragam aksesoris komputer | pita | kertas | tinta | kabel | laminasi | pita handycam | CDR | DVDR | Software dll. Dengan belanja di Toko Biru Laut, penghematan waktu Anda bisa untuk kegiatan yang lain.

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.