Tips Ampuh Merawat Laptop Dengan Benar

Sekarang ini laptop bukan merupakan barang mewah lagi bahkan sudah memasyarakat barang laptop ini. Laptop merupakan barang yang sangat berguna sekali serta menjadi suatu alat ketergantungan dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan maupun tugas rutinitas, namun laptop ini juga tidak terlepas dari masalah kerentanan terhadap bahaya kerusakan akibat cara penggunaan dan perawatan yang salah. Berikut ini ada beberapa tips yang mungkin berguna bagi Anda dalam penggunaan dan perawatan laptop ini agar tetap awet serta tidak bermasalah.

Antara lain sebagai berikut:
1. Letakan laptop di tempat yang permukaan datar atau rata, permukaan yang tidak rata menyebabkan posisi laptop miring dan saat menekan tombol keyboard akan mengakibatkan goncangan pada hardware yang ada di dalamnya sehingga dampak dalam waktu yang lama bisa mengakibatkan kerusakan.

2. Jauhkan dari benda atau barang berbentuk cair, biasanya pada saat sambil bekerja selalu ada segelas kopi atau air mineral bahkan segelas teh hangat di samping laptop, dampaknya bila kita lupa ada gelas tadi yang berisi kopi, teh atau air mineral hingga tersenggol tangan Anda lalu laptop Anda tersiram air kopi, teh atau mineral. Hal ini bisa berakibat fatal pada laptopnya sehingga air tumpahannya akan sampai merembes ke komponen yang ada didalamnya bahkan bisa terjadi konsleting selanjutnya harus jajan dech untu ganti motherboard yang baru.

3. Jauhkan kebiasaan bekerja sambil menaruh laptop dipangkuan, dampak yang akan terjadi dalam waktu yang lama radiasi laptop akan mengganggu kesehatan reproduksi selain itu juga tidak adanya kestabilan letak laptop itu sendiri akibat goncangan.

4. Laptop memang dirancang untuk mobile, tetapi goncangan saat membawanya bahkan hingga pernah terjatuh akan mengakibatkan kerusakan pada motherboard bisa juga nyambung ke LCD nya.

5. Pergunakan tas pelindung laptop yang terbuat dari bahan dasar gabus berbalut kain tipis yang halus yang bisa meredam panas pada saat pemakaian dalam waktu lama, daripada langsung bersentuhan langsung dengan meja.

6. Bagi yang laptopnya masih ex jepang dimana voltage masih 110 V pergunakan adaptor untuk penurun tegangan.

7. Biasakan supply listrik dari stabilizer jangan langsung dari colokan sumber listrik. Hal ini untuk menjaga agar tegangan yang diterima ke laptop bisa stabil mengingat pasokan listrik kita tegangannya selalu berubah tegangan sehingga sebagian komponen yang sensitif yang ada didalam laptop tidak akan cepat rusak akibat tegangan yang labil dari pusat.

8. Belilah laptop ditoko terdekat atau dikenal oleh Anda sehingga bila ada masalah atau gangguan Anda bisalebih mudah serta cepat dalam pengurusannya. Maka dari itu simpan baik-baik kartu garansi yang terdapat dalam kemasannya.

9. Agar kecepatan akselerasi laptop Anda bekerja optimal, installah program-program yang sesuai dengan kebutuhan Anda saja sehingga dapat menghemat memori dan hardisk Anda.

10. Pergunakan selalu antivirus & terupdate bila Anda rutinitas terhubung dengan internet.

11. Biasakan menggunakan program pembersih sampah, setiap Anda selesai menggunakan laptop didalamnya terdapat file-file bekas atau biasa disebut sampah, file-file tersebut tersimpan didalam hardisk lama kelamaan file-file tersebut akan bertambah setiap ada penambahan instalan atau buka file maupun program tertentu. Untuk itu agar supaya file-file sampah tersebut tidak menumpuk banyak maka diperlukan suatu program pembersih sampah yang mana bisa Anda dapatkan versi gratisannya seperti Easy Cleaner & Ccleaner.

12. Biasakan Anda selalu membersihkan body maupun monitor dari laptop agar laptop Anda selalu terlihat baru & bersih. Bisa Anda cari disini...!!!

13. Usahakan menggunakan screen protector LCD yang langsung diserap oleh screen tanpa menggunakan lem tapi sebelumnya harus bersihkan dahulu monitor Anda, baru gunakan screen protector tadi. Hal ini untuk melindungi screen laptop Anda dari debu maupun goresan pada saat akan dibersihkan. Untuk screen protectornya bisa dilihat disini...!!!

14. Juga biasakan menggunakan keyboard protector pilihlah keyboard protector yang bisa dibilas atau dicuci sehingga bisa dipergunakan kembali. Hal ini agar bila terjadi tumpahan cairan, bisa segera diatasi sehingga cairan yang tumpah tidak langsung meresap ke dalam komponen laptop Anda. Untuk keyboard protectornya bisa dilihat disini...!!!

15. Pasanglah fan pendingin agar panas yang keluar dari laptop bisa dinetralisir sehingga komponen yang ada didalam laptop itu sendiri tidak mudah rusak hal ini untuk memperpanjang umur dari beberapa komponen yang tidak tahan panas yang ada didalam sebuah laptop.

16. Bila laptop Anda menyala melalui pasokan listrik, cabutlah batere laptopnya bila sudah terisi penuh atau sudah tidak sedang mencharge. Hal ini agar batere laptop Anda terjaga kestabilannya sehingga dapat memperpanjang umur batere.

17. Usahakan agar mencharge batere laptop Anda minimal sebulan sekali. Hal ini untuk menghindari baterenya nge-drop, bila sudah nge-drop ha ha ha siap-siap untuk menyediakan batere cadangan, lagi-lagi kocek kantong. Apa salahnya agar awet batere Laptop, Anda harus repot sedikit.

18. Hindari dari jangkauan medan magnetik. Hal ini bisa mengganggu performa & monitor dari laptop itu sendiri.

Filed Under:

About the Author

Nama saya Rudi blog ini dibuat untuk mempermudah belanjaan Anda sehingga dapat menghemat waktu Anda untuk kegiatan lainnya, untuk informasinya silahkan langsung saja, ke Toko Biru Laut.

Leave a Reply

Mengenai Saya

Foto saya
Sedia aneka ragam aksesoris komputer | pita | kertas | tinta | kabel | laminasi | pita handycam | CDR | DVDR | Software dll. Dengan belanja di Toko Biru Laut, penghematan waktu Anda bisa untuk kegiatan yang lain.

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.